Jumat, 28 September 2018

SEKOLAH RUJUKAN

















WONOSOBO – SMP Negeri 2 Wonosobo ditunjuk langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai sekolah rujukan tingkat SMP di Kabupaten Wonosobo. SMP Negeri 2 Wonosobo yang ada di wilayah Perkotaan ini menjadi sekolah rujukan karena berbagai prestasi yang ditorehkan, baik dari sisi akademis maupun nonakademis.

“Sekolah kami tidak langsung serta merta menjadi sekolah rujukan, namun melewati serangkaian proses terlebih dahulu,” ujar Kepala SMP Negeri 2 Wonosobo, Ellna Amperawati,S.Pd, M.Pd
Ellna Amperawati menuturkan pihaknya selama dua hari mengikuti bimbingan teknis (Bimtek ) pembinaan SMP sekolah rujukan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama di Hotel Singgasana Surabaya“Untuk wilayah Surabaya, Bimtek dilakukan kepada 100 SMP dari 5 provinsi se-Indonesia. Rinciannya, 43 SMP dari Provinsi Jawa Tengah, 8 SMP dari Daerah Istimewa Yogyakarta, 35 SMP dari Provinsi Jawa Timur, 8 SMP dari Provinsi Bali, dan 6 SMP dari Provinsi Nusa Tenggara Barat,” paparnya.
Ellna Amperawati menerangkan pemilihan sekolah rujukan berdasarkan keunggulan yang dimiliki oleh sekolah.“Keunggulan SMP Negeri 2 Wonosobo itu literasi, manajerial, lingkungan, dan lain-lain,” ujarnya.
Setelah menjalani Bimtek pembinaan SMP sekolah rujukan, pihaknya akan menyosialisasikan kepada stake holder di sekolah.Langkah berikutnya, sekolah rujukan melakukan pengimbasan kepada sekolah lain.“Sekolah rujukan bisa menjadi acuan bagi sekolah lain. Manajerial 8 standar nasional pendidikan dan keunggulan-keunggulan akan kami sebar ke sekolah lain,” tuturnya.
“Para siswa telah akrab dengan try out online dalam mengerjakan latihan soal. Bagi guru, mereka sudah menggunakan model pembelajaran daring di kelas-kelas, terkait implementasi kurikulum 2013 sejak awal diterapkannya kurikulum tersebut telah melatih para guru secara serentak di lima wilayah melalui pola IN-ON.Dengan demikian, para guru itu dapat memahami serta mengimplementasikan dengan baik di lapangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar